Ketua

1.       Memimpin penyelenggaraan penjaminan mutu akademik Unesa

2.       Menjaminkan mutu akademik untuk memenuhi kepuasan pelanggan.

3.       Melakukan review terhadap dokumen mutu

4.       Menyusun program kerja dan Rencana Bisnis Anggaran (RBA) Satuan Penjaminan Mutu Unesa

5.       Merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, mengendalikan dan meningkatkan mutu akademik,

6.       Mengevaluasi pencapaian kinerja Divisi

7.       Mengkoordinasi tindaklanjut hasil evaluasi serta penanganan keluhan pelanggan terkait proses layanan penjaminan mutu.

8.       Membuat perencanaan pelaksanaan tinjauan manajemen, dan membahas agenda tinjauan manajemen.

9.       Mengkoordinasikan kegiatan penjaminan mutu akademik dengan GPM, UPM, dan unit kerja terkait di lingkungan Unesa

10.   Mengkoordinasi penyusunan laporan kinerja Satuan Penjaminan Mutu Unesa

11.   Menyusun laporan triwulan capaian kinerja Satuan Penjaminan Mutu Unesa

12.   Melaporkan capaian kinerja triwulan kepada pimpinan,

13.   Melakukan pengendalian dokumen (pemeriksaan kebenaran dan kelengkapannya (termasuk identifikasi dan kode dokumen); pengesahan oleh yang berwenang; registrasi untuk pengendalian status revisi; pemberian stempel terkendali atau tidak terkendali; pendistribusian kepada personil-personil yang memerlukan termasuk personil-personil yang terkait dalam proses layanan

14.   Memfasilitasi pengiriman borang melalui SAPTO

15.   Melakukan komunikasi tertulis dengan BAN PT melalui SAPTA

 

Divisi Akreditasi Nasional

Ketua:

1.   Mengkoordinasikan pelaksanaan program pendampingan akreditasi nasional institusi/program studi dengan elemen penjaminan mutu dalam rangka mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas/status akreditasi secara nasional

2.       Menyelenggarakan pelatihan penyusunan LKPS dan LED sebagai persyaratan akreditasi

3.       Menyelenggarakan pelatihan asesor internal UNESA

4.       Melakukan pendampingan penyusunan LKPS dan LED prodi dan APT

5.      Memberikan rekomendasi kelayakan LKPS dan LED prodi dan APT sebelum diunggah melalui SAPTO dan sistem Lembaga Akreditasi Mandiri yang ada (LAMDIK, LAMSAMA, dll)

6.       Mengkoordinasikan kinerja asesor internal UNESA dalam rangka mengevaluasi hasil analisis terhadap LKPS dan LED

7.       Mengkoordinasikan pelaksanaan simulasi visitasi di tingkat prodi dan APT

8.  Bersama pusat data dan sistem informasi mengembangkan sistem informasi data untuk mendukung akreditasi nasional untuk mempermudah  kegiatan pemantauan dan pendampingan

9.       Memantau dan menginformasikan masa berlaku akreditasi kepada prodi terkait melalui GPM di UPPS

10.   Membuat  laporan kinerja triwulan Pusat kepada ketua Satuan Penjaminan Mutu UNESA sebagai sarana monev dan pengembangan yang berkelanjutan.

11. Melakukan kegiatan kerja sama dengan berbagai lembaga penjaminan mutu di tingkat nasional maupun internasional sebagai pengembangan kinerja secara publik

 

Sekretaris:

1.  Bersama ketua mengkoordinasikan pelaksanaan program pendampingan akreditasi nasional institusi/program studi dengan elemen penjaminan mutu dalam rangka mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas/status akreditasi secara nasional,

2.       Bersama ketua menyelenggarakan pelatihan penyusunan LKPS dan LED sebagai persyaratan akreditasi,

3.       Bersama ketua menyelenggarakan pelatihan asesor internal UNESA

4.       Bersama ketua melakukan pendampingan penyusunan LKPS dan LED prodi dan APT

5.       Menyusun laporan kegiatan, notulen kegiatan-kegiatan pusat Akreditasi

6.       Mempersiapkan berkas/dokumen/bukti kegiatan untuk kepentingan pertanggungjawaban kegiatan pusat Akreditasi

 

Divisi Akreditasi Internasional

Ketua:

1.       Mengkoordinasikan pelaksanaan program pendampingan akreditasi internasional

2.       Melakukan review atas Self-Assessment Report/ Self-Evaluation Report Program Studi Pengusul

3.       Mengkoordinasikan pelaksanaan simulasi visitasi akreditasi internasional

4.    Bersama Divisi Penjaminan Mutu Internal melakukan pelaksanaan monitoring dan evaluasi atas temuan atas temuan dan rekomendasi visitasi dalam memenuhi standar yang ditetapkan lembaga akreditasi internasional

5.       Bersama LP3 memastikan implementasi kurikulum OBE dan siklus Continuous Quality Improvement Program Studi

6.       Memantau dan mengkoordinasikan pelaksanaan re-akreditasi internasional program studi

7.       Menyusun laporan kinerja Divisi Akreditasi Internasional kepada Ketua Satuan Penjaminan Mutu

 

Sekretaris:

1.       Melakukan korespondensi dengan lembaga akreditasi internasional

2.       Bersama ketua melaksanakan program kerja akreditasi internasional

3.     Bersama ketua melakukan pendampingan dan review atas Self-Assessment Report/ Self-Evaluation Report Program Studi Pengusul akreditasi internasional

4.       Mengarsip dokumen terkait dengan akreditasi internasional program studi selingkung Unesa

5.       Menyusun laporan kegiatan untuk menunjang laporan kinerja ketua divisi

 

Divisi Penjaminan Mutu Internal

Ketua:

1.       Mengkoordinasikan pelaksanakan seluruh kegiatan Audit Mutu Internal akademik,

2.       Mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan monitoring dan evaluasi pembelajaran bersama GPM dan UPM.

3.       Membuat jadwal pelaksanaan kegiatan monev pembelajaran dan audit mutu internal

4.       Menyusun pedoman monev pembelajaran dan audit mutu internal

5.       Memberi pengarahan kepada auditor dan auditi tentang monev pembelajaran dan audit mutu internal

6.    Membuat laporan di tingkat universitas tentang pelaksanaan kegiatan monev pembelajaran dan audit mutu internal kepada ketua SPM Unesa

7.       Melaporkan seluruh kegiatan AMI kepada ketua SPM Unesa

8.       Melakukan Rencana Tindak Manajemen (RTM) berdasarkan Rencana Tindak Lanjut (RTL) yang terdapat dalam laporan monev pembelajaran dan audit mutu internal bersama dengan pejabat pengambil kebijakan sesuai dengan jenis monev pembelajaran dan audit mutu internal

9.       Mengkaji secara mendalam standar mutu perguruan tinggi (SNDIKTI dan SNPT), pedoman dan panduan penjaminan mutu bidang akademik sesuai perundang-undangan yang berlaku.

10.   Merumuskan standar mutu, pedoman dan panduan penjaminan mutu bidang akademik sesuai perundang-undangan yang berlaku.

11.   Melakukan sosialisasi standar mutu, pedoman, dan panduan penjaminan mutu bersama semua divisi selingkung SPM.

12.   Merumuskan instrumen terkait kegiatan divisi selingkung SPM.

13.   Membuat  laporan kinerja triwulan divisi PMI kepada Ketua SPM.

 

Sekretaris:

1. Melakukan korespondensi dengan lembaga, unit kerja, dan Prodi selingkung Unesa maupun luar Unesa.

2. Membuat jadwal pelaksanaan kegiatan monev pembelajaran dan audit mutu internal

3. Bersama ketua menyusun pedoman monev pembelajaran dan audit mutu internal

4. Bersama ketua memberi pengarahan kepada auditor dan auditi tentang monev pembelajaran dan audit mutu internal

5. Bersama Ketua mengkaji secara mendalam standar mutu perguruan tinggi (SNDIKTI dan SNPT), pedoman dan panduan penjaminan mutu bidang akademik sesuai perundang-undangan yang berlaku.

6. Bersama ketua merumuskan standar mutu, pedoman dan panduan penjaminan mutu bidang akademik sesuai perundang-undangan yang berlaku.

7. Bersama ketua melakukan sosialisasi standar mutu, pedoman, dan panduan penjaminan mutu bersama semua divisi selingkung SPM.

8. Bersama ketua membuat  laporan kinerja triwulan divisi PMI kepada Ketua SPM.

9. Mengarsip dokumen terkait dengan standar mutu perguruan tinggi (SNDIKTI dan SNPT) dan 

Audit Mutu Internal.

10. Menyusun laporan kegiatan untuk menunjang laporan kinerja ketua divisi.

 

 

Divisi Data dan Sistem Informasi

Ketua:

1.    Menyiapkan data dan informasi bidang akademik  berkaitan dengan akreditasi prodi dan institusi

2.    Melakukan update dan maintenance web SPM

3.  Mendokumentasikan data dan informasi akademik yang dibutuhkan divisi penjaminan mutu internal, akreditasi nasional, dan akreditasi internasional

4.    Merencanakan, melakukan, dan melaporkan survei kepuasan manajemen dan pemahaman visi misi Unesa

5.    Merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, meninjau kembali pengelolaan SIMSPM secara berkala

6.    Melakukan penilaian terhadap dokumen/data prodi di SIMSPM bersama divisi akreditasi nasional dan divisi penjaminan mutu internal

7.    Melakukan monitoring PDDIKTI dan pelaporan SPMI Unesa secara periodik

8.    Menyusun laporan kinerja Divisi Data dan Sistem Informasi kepada Ketua SPM

 

Sekretaris:

1.       Bersama dengan ketua menyiapkan data dan informasi bidang akademik  berkaitan dengan akreditasi prodi dan institusi

2.       Mendokumentasikan dan mempublikasikan hasil kegiatan SPM

3.       Bersama ketua merencanakan, melakukan, dan melaporkan survei kepuasan manajemen dan pemahaman visi misi Unesa

4.       Bersama ketua merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, meninjau kembali pengelolaan SIMSPM secara berkala

5.       Bersama ketua melakukan monitoring PDDIKTI dan pelaporan SPMI Unesa secara berkala

6.       Menyusun tahapan pengisian dan asesmen LKPS, LED, dan dokumen pendukung dalam SIMSPM

7.       Menyusun laporan kegiatan untuk menunjang laporan kinerja ketua divisi